Kata Pengantar

Puji syukur kami panjatkan kepada Tuhan YME, yang telah memberikan rahmat dan hidayah kepada kita semua. Saat ini kami, Komisi Pemilihan Umum telah membangunan Sistem Informasi Logistik dan Distribusi KPU (Silog KPU). Sistem ini berfungsi untuk merencanakan, mengontrol pengadaan, pengiriman logistik Pemilu dan melakukan olah data terkait kebutuhan logistik yang digunakan pada penyelenggaraan Pemilu di Indonesia, karena Pemilu yang diselenggarakan secara demokratis sejak tahun 1999, sangat kompleks dan rumit terutama menyangkut pengelolaan logistiknya. Kebutuhan, jenis, peruntukan, dan spesifikasi logistik keperluan Pemilu tersebut diatur dengan regulasi perundangan yang ditetapkan sebelumnya.

 

Selain itu, Silog KPU ini dibuat dengan tujuan untuk membantu KPU dalam proses pengadaan dan distribusi logistik Pemilu. Proses logistik yang tercakup dalam Silog KPU ini meliputi perencanaan, inventarisasi, distribusi, dan monitoringnya serta dengan adanya aplikasi yang berbasis web ini, diharapkan dapat membantu KPU dalam melaksanakan Pemilu terkait dengan pengelolaan logistiknya, berjalan lebih tertib administrasi dan optimal.

 

Diharapkan dengan terciptanya sistem informasi logistik yang berbasis web dapat menjadi sarana penyampaian informasi kepada pengguna Silog dimaksud sehingga setiap data dan informasi yang diakses tersebut dapat digunakan untuk bahan kebijakan lebih lanjut.

 

Akhir kata, kami ucapkan terima kasih.

Jakarta, Desember 2013

Komisi Pemilihan Umum